Untuk Meratakan Beban Yang Diterima Kolom Menuju Pondasi Disebut Dengan

By | 13 Agustus 2022

Untuk Meratakan Beban Yang Diterima Kolom Menuju Pondasi Disebut Dengan.


MATERI



STRUKTUR BETON


SLOOF, Rubrik ,BALOK ,Plat Ubin DAN RING BALK



RABU, 19 AGUSTUS 2020 JAM KE-46

Selain Pondasi , sloof ruangan balok plat lantai cincin balk pada gedung merupakan struktur bangunan sekali lagi sangat menentukan manfaat dan kokohnya bangunan sebuah rumah. Bakal struktur bangunan rumah 1 tegel konstruksi strukturnya tentu farik degan bangunan rumah 2 lantai. Kekuatan struktur secara umum yakni memikul beban bagian bagunan nan suka-suka di atasnya. Buat makin jelasnya saya akan mencoba menguraikan mengenai beton kolom, sloof, piringan hitam lantai dan ring balk satu persatu berikut fungsinya.


1. Sloof



Sloof ialah beton berangka yang diletakkan secara horizontal di atas pondasi ( seperti yang kita lihat gambar diatas). Gunanya ialah buat meratakan barang bawaan nan diterima kolom menuju pondasi. Sehingga setiap beban yang diterima suatu kolom, akan tersebar merata pada seluruh pondasi dan tak terjadi penurunan dan pergerakan nan menimbulkan dinding retak dan pecah. Selain itu, sloof berfungsi sebagai pengikat antara dinding pondasi dengan rubrik.


2. Rubrik



Kolom merupakan batang tekan vertikal berpangkal gambar struktur yang memikul muatan pecah balok ( seperti yang kita lihat gambar diatas). Kolom ialah suatu elemen struktur tekan nan memegang peranan penting bersumber satu konstruksi, sehingga kemunduran pada satu kolom merupakan lokasi tanggap yang dapat menyebabkan runtuhnya (collapse) keramik yang bersangkutan dan juga runtuh kuantitas (besaran collapse) seluruh struktur

. SK SNI Cakrawala-15-1991-03 mendefinisikan kolom ialah onderdil struktur gedung yang tugas utamanya menyangga bagasi aksial tekan vertikal dengan bagian panjang yang tidak ditopang minimum enggak tiga siapa dimensi lateral terkecil.

Fungsi kolom merupakan sebagai penerus beban seluruh bangunan ke pondasi. Bila diumpamakan, ruangan itu begitu juga rangka awak manusia nan memastikan sebuah bangunan seram. Kolom termasuk struktur utama untuk melanjutkan berat gedung dan beban tidak sebagaimana bagasi spirit (turunan dan barang-produk), serta beban hembusan angin. Kolom berfungsi sangat terdepan, agar gedung tak mudah runtuh. Barang bawaan sebuah gedung dimulai terbit atap. Tanggung atap akan meneruskan beban yang diterimanya ke kolom. Seluruh beban yang diterima ruangan didistribusikan ke latar tanah di bawahnya. Kesimpulannya, sebuah bangunan akan aman dari kerusakan bila besar dan keberagaman pondasinya sesuai dengan perhitungan. Namun, kondisi tanah kembali harus benar-benar sudah produktif memufakati beban dari pondasi. Kolom menerima pikulan dan meneruskannya ke pondasi, karena itu pondasinya juga harus kuat, terutama untuk konstruksi flat bertingkat, harus diperiksa kedalaman tanah kerasnya agar bila lahan ambles atau terjadi gempa tidak mudah anjlok.

Baca juga:   Sisir Akan Bermuatan Listrik Negatif Bila Digosok Dengan Rambut Karena

Struktur kerumahtanggaan kolom dibuat dari ferum dan beton. Keduanya merupakan gabungan antara material yang tahan tarikan dan tekanan. Besi adalah material yang tahan tarikan, sedangkan beton yaitu material yang resistan impitan. Interelasi kedua material ini dalam struktur beton memungkinkan kolom atau bagian struktural lain seperti sloof dan balok boleh membancang tren tekan dan gaya tarik pada bangunan.


3.Balok



Balok juga ialah keseleo satu pekerjaan beton bertulang. Balok merupakan bagian struktur yang digunakan ibarat dudukan lantai dan pengikat kolom tegel atas. Fungsinya adalah sebagai rangka penguat horizontal bangunan akan beban-beban.

Apabila satu gelagar balok bentangan sederhana menyergap beban nan mengakibatkan timbulnya ketika lentur akan terjadi deformasi (regangan) lentur di dalam balok tersebut. Regangan-regangan balok tersebut mengakibatkan timbulnya tegangan nan harus ditahan oleh balok, tegangan tekan di sisi atas dan tegangan tarik dibagian pangkal. Seyogiannya stabilitas terjamin, mayat balok sebagai penggalan berpangkal sistem nan menahan lentur harus kuat untuk menahan voltase tekan dan tarik tersebut karena tegangan baja dipasang di daerah tegangan tarik bekerja, di dekat cendawan terbawah, maka secara teoritis balok disebut sebagai bertulangan baja tarik hanya


4.Plat ubin



Pelat lantai merupakan bagian berasal eleman gedung yang berfungsi laksana arena berdasar. Perencanaan elemen pelat lantai tidak kalah pentingnya dengan perencanaan balok, rubrik, dan pondasi. Pelat tegel yang tak direncanakan dengan baik boleh menyebabkan lendutan dan getar momen terserah barang bawaan nan bekerja lega telor tersebut .


5.Ring balk



Ring balok atau ring balk adalah struktur nan diletakkan di atas pasangan bencana dan bata. Fungsi ring balok adalah sebagai sandar konstruksi atap dan bak pengikat pasangan dinding bata merah bagian atas agar enggak merosot.

Baca juga:   Dalam Siklus Hidup Tumbuhan Yang Merupakan Mikrospora Adalah

Untuk Meratakan Beban Yang Diterima Kolom Menuju Pondasi Disebut Dengan

Source: https://imamriya.igi.my.id/2020/08/struktur-beton-sloof-kolom-balok-plat.html